model1

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes)merupakan institusi pendidikan tinggi UPT dari Kementerian Kesehatan RI yang tugas pokoknya menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu dari ketiga pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut, berdasarkan hasil analisi, pada pilar pengabdian kepada masyarakat diselenggarakan belum optimal, yakni pengabdian masyarakat dilakukan sendiri-sendiri  oleh jurusan/bidang profesi dan bentuk bakti sosial, sehingga penanggulangan masalah kesehatan di masyarakat masih bersifat parsial, terputus dan memberikan solusi tehadap keluhan kesehatan masyarakat tidak menyeluruh dan tanpa ada pemantauan pasca pelayanan.

Sehubungan dengan tuntutan standar Dikti tentang pengabdian masyarakat yang termuat dalam misi Poltekkes Kemenkes Palembang maka Poltekkes Palembang melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan model Inter Professional Collaboration (IPC) berbasis tim. Tujuan terbangunnya sebuah model pengabdian masyarakat yaitu model Inter Profesional Collaboration (IPC) diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja Poltekkes Palembang dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Metode pengabdian masyarakat model Inter Profesional Collaboration (IPC) dilaksanakan dengan melakukan strategi pendekatan keluarga yang pada akhirnya membangun keluarga sehat dan mandiri. Tahapan pada jangka pendek proyek perubahan ini diawali dengan sosialisasi proyek perubahan, pembentukan tim efektif, membuat modul dan panduan, dan melaksanakan uji coba pada 40 keluarga. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2016. Hasil proyek perubahan ini adalah tersusunnya modul dan panduan Pengabdian kepada masyarakat dengan model Inter Professional Collaboration (IPC), dengan outcome terwujudnya keluarga sehat dan mandiri.